Kominfo Siap Gandeng AVGI Buat Aturan e-Sport

Kominfo Siap Gandeng AVGI Buat Aturan e-Sport

Kominfo Siap Gandeng AVGI Buat Aturan e-Sport

Kominfo Siap Gandeng AVGI Buat Aturan e-Sport

Kementerian Komunikasi dan Informatika

Pharmacygig.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika mendukung perkembangan e-sport di Indonesia dengan menyediakan fasilitas dan mengakselerasi kegiatan-kegiatan di komunitas e-sport. Bahkan akan megandeng Asosiasi Olahraga Video Games Indonesia (AVGI) untuk menyiapkan berbagai aturan berkaitan dengan e-sport.

“Kita fasilitasi bahkan kita akselerasi. Kominfo siap untuk bekerja sama dengan AVGI dalam membuat berbagai aturan terkait e-sport,” kata Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara dalam sambutannya pada acara Pelantikan Pengurus Asosiasi Olahraga Video Games Indonesia (AVGI) di Hotel Redtop pada Selasa (16/7/2019).

Menurut Menteri Rudiantara

Pemerintah juga mendukung tumbuhnya ekosistem game e-sport termasuk mendorong tumbuhnya pengembang gim lokal.

“Saya percaya bahwa game memberikan dampak yang positif bagi anak muda selama tidak dilakukan secara berlebihan. Main game lebih baik daripada aktivitas yang tidak produktif lah terutama bagi anak muda yang memang harus dijaga jangan sampai excessive,” katanya seraya berpesan agar semua pihak tidak meremehkan potensi para gamer di Indonesia.

AVGI Rob Clinton Kardinal

Ketua Umum AVGI Rob Clinton Kardinal melihat adanya potensi prestasi yang dapat diraih dari cabang-cabang e-sport. Menurut Rob, salah satu tujuan dibentuknya AVGI oleh komunitas e-sport adalah untuk mewadahi para atlet e-sport agar terjamin hak-haknya.

“Bisa menjadi cabang olahraga yang bisa mendapatkan medali-medali emas karena banyak pemain berbakat,” kata Rob.

Mantan pemilik tim e-sport Onic ini juga memastikan bahwa AVGI beranggotakan anak-anak muda yang bersemangat untuk memajukan industri e-sport dan tidak memihak tim e-sport mana pun, termasuk dirinya yang sudah memutuskan untuk mengundurkan diri dari tim e-sport yang dia bentuk. “Saya keluar biar tidak ada conflict of interest,” tegasnya.

Rob Kardinal menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah dan Presiden Joko Widodo yang telah begitu besar memberikan perhatian terhadap dunia e-sport di Indonesia. “Dia mendukung industri e-sport yang mungkin sebelumnya tidak banyak orang yang tahu dan tidak banyak orang yang mendukung,” katanya.

Turut hadir dalam acara itu

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, anggota DPR Robert Joppy Kardinal, Youtuber Vincent Raditya, serta dihadiri perwakilan media dan komunitas gamer Indonesia. Acara diakhiri dengan pelantikan pengurus AVGI oleh Menteri Kominfo.

About the author