Niat Puasa Syawal

Niat Puasa Syawal dan Tata Cara Yang Benar

Niat Puasa Syawal dan Tata Cara Yang Benar

Niat Puasa Syawal

puasa merupakan salah satu kewajiban bagi seorang muslim untuk membuktikan ketaatanya kepada allah swt. puasa bukan hanya dilakukan pada saat bulan ramadhan saja, karena ada beberapa puasa sunnah yang dapat kita kerjakan, seperti puasa syawal yang akan admin bahasa pada kesempatan ini. pasti sudah banyak yang tahu dengan puasa syawal, namun untuk niat dan tata caranya yang benar admin rasa masih banyak yang belum paham, jadi silahkan simak artikel ini sampai akhir.

 

Puasa syawal biasanya baru boleh dikerjakan sejak tanggal 2 syawal hingga akhir. banyak sekali manfaat dan pahala dari puasa syawal, salah satunya dalam sabda rasulullah saw, yaitu “barang siapa yang berpuasa 6 hari dibulan syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh (hr. muslim no. 1164). sebelum mengerjakan puasa syawal tentu kita harus berniat terlebih dulu dalam hati ataupun diucapkan secara lisan. berikut adalah niat puasa syawa arab, latin dan artinya.

 

Niat puasa syawal

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺻَﻮْﻡَ ﻏَﺪٍ ﻋَﻦْ ﺃَﺩَﺍﺀِ ﺳُﻨَّﺔِ ﺍﻟﺸَّﻮَّﺍﻝِ ﻟِﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ
nawaitu shauma ghadin an ada’i sunnatis syawwâli lillahita’ala.
artinya : aku berniat puasa sunah syawwal esok hari karena allah swt.

Jika lupa mengucap niat puasa syawal pada saat sahur ataupun saat waktu puasa dimulai, niat bisa dicapkan pada siang hari, namun dengan satu syarat, sejauh itu anda belum makan, minum ataupun melakukan hal-hal lain yang membatalkan puasa. namun untuk niat puasa syawal yang diucapkan diwaktu siang hari berbeda dengan niat yang pertama, berikut adalah lafalnya.

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺻَﻮْﻡَ ﻫَﺬَﺍ ﺍﻟﻴَﻮْﻡِ ﻋَﻦْ ﺃَﺩَﺍﺀِ ﺳُﻨَّﺔِ ﺍﻟﺸَّﻮَّﺍﻝِ ﻟِﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ
nawaitu shauma hadzal yaumi ‘an ada’i sunnatis syawwali lillahi ta’ala.
artinya, aku berniat puasa sunah syawwal hari ini karena allah swt.

Mengenai keutamaan puasa syawal juga telah di jelaskan dalam salah satu hadist nabi salallahhu alaiwasalam, yang berbunyi, ﻣَﻦْ ﺻَﺎﻡَ ﺭَﻣَﻀَﺎﻥَ ﺛُﻢَّ ﺃَﺗْﺒَﻌَﻪُ ﺳِﺘًّﺎ ﻣِﻦْ ﺷَﻮَّﺍﻝٍ ﻛَﺎﻥَ ﻛَﺼِﻴَﺎﻡِ ﺍﻟﺪَّﻫْﺮِ, artinya : barangsiapa yang berpuasa ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh (hr. muslim no. 1164).

Puasa syawal memang tidak bedosa apa bila tidak dijalankan, namun akan mendapatkan pahala kalau dilaksanakan. berkaitan dengan hal tersebut, menjalankan puasa syawal akan menjadi sempurna apa bila dikerjakan dengan niat dan tata cara yang benar, dan berikut ini adalah langkah-langkah yang benar.

Niat Puasa Syawal dan Tata Cara Puasa Syawal

1. Niat puasa syawal
Niat puasa syawal bisa dilakukan malam hari saat sahur atau di pagi hari kalau memang lupa.

2. Sahur
Sebelum puasa seperti biasa hendaknya kita makan sahur, agar saat sudah menjalani puasa penuh tidak merasa terlalu lemas. makan sahur juga merupakan sunnah, jadi lebih baik dilakukan untuk mendapatkan pahal lebih dari allah swt.

3. Menahan diri atau hawa nafsu
Syarat sah puasa adalah menahan diri dari makan, minum dan berbagai hal yang bersifat membatalkan puasa.

4. Berbuka puasa
Berbuka puasa adalah wajib bagi orang yang sedang berpuasa, untuk menyegarkan tubuh yang telah seharian berpuasa.

Demikian adalah niat puasa syawal yang dapat admin sampaikan, semoga bisa bermanfaat bagi anda yang membaca dan mempelajarinya. kalau anda mencari berbagai informasi tentang dunia islam, bisa langsung kunjungi kangenislam.


Sumber

  1. https://www.gurupendidikan.co.id/tentang-shalat/
  2. https://www.gurupendidikan.co.id/mandi-wajib/
  3. https://www.gurupendidikan.co.id/

 

Baca Juga :

 

About the author